Harapan kami, orang tua memiliki tanggung jawab utama untuk membina kerohanian anak-anak mereka selanjutnya setelah mengikuti SIL, seturut dengan Firman Tuhan yang memerintahkan agar orang tua yang mendidik anak-anak mereka.

Sungguh karena anugerah Tuhan Yesus dan campur tangan- Nya Komisi Anak GKI GS dapat melaksanakan SIL (Sekolah Injil Liburan) dengan tema You Are Precious, yang dilandasi dari Firman Tuhan: “Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau” (Yesaya 43: 4a). Ayat ini juga yang menjadi kekuatan bagi panitia dalam melayani SIL 2016, di tengah berbagai kendala yang dialami menjelang pelaksanaannya.

Semula SIL hanya akan diadakan di gereja selama 2 hari, dengan pertimbangan akan diadakannya Retreat Keluarga. Seiring dengan berjalannya perencanaan dalam rapat panitia, didapati bahwa ternyata semua panitia SIL, yang dibentuk pada bulan April 2016, memiliki visi, misi, dan kerinduan yang sama untuk mengadakan SIL dalam bentuk retreat. Kegiatan menginap satu malam ini ditujukan agar Anak-anak Sekolah Minggu (ASM) dapat fokus dalam setiap sesi dan acara, khususnya moment calling.

Tuhan begitu baik. Dengan waktu persiapan yang demikian singkat, Tuhan membuka jalan untuk orang-orang yang dikasihi-Nya. Sepertinya sebuah kebetulan, namun panitia percaya Tuhan Yesus yang campur tangan. Pengajuan pelaksanaan SIL untuk menginap di luar disetujui oleh MJ, dengan berkoordinasi bersama Panitia Retreat Keluarga (PRK). Juga Wisma Kinasih Depok yang kami hubungi, ternyata masih tersedia pada tanggal 24-25 Juni 2016. Demikian pula dengan ijin penggunaan aula yang semula bentrok dengan acara sekolah, akhirnya dapat kami pergunakan pada 25 Juni 2016 untuk acara dengan orang tua. Kami percaya Tuhan mempersiapkan semuanya.

Dengan penuh kesungguhan, semua panitia bersatu hati berdoa, memohon Tuhan memimpin setiap persiapan yang dilakukan. Pada 18 Juni 2016, panitia dan GSM pendamping mengadakan doa dan puasa. Kami memuji, menyembah, dan berdoa menyerahkan setiap detil acara kepada Tuhan. Sore harinya, Ibu Esther Kurniawati M.Th. (in Counseling) memberikan pengarahan mengenai bagaimana nanti kami menjadi pemimpin kelompok dan mendampingi ASM setelah acara calling.

Hari pertama, bertempat di Wisma Kinasih – Depok, acara SIL diawali dengan ibadah yang dipimpin oleh Bpk. Benny Dewanto. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi 1 “I am Special” dan sesi 2 “What I am For” yang dibawakan oleh pembicara dari mahasiswa STRII. Sesi 3 “Who is He?” dan sesi 4 “Christ and Me” sebagai acara altar call dipimpin oleh Ibu Esther Kurniawati M.Th. (in Counseling). Dalam acara ini, ASM ditantang untuk mengambil komitmen menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi mereka. Selanjutnya, ASM dibagi dalam kelompok kecil dengan anggota 2-3 peserta dan 1 GSM pendamping. Tujuan kelompok kecil ini adalah untuk meneguhkan komitmen dan memperdalam pengertian mereka akan arti pertobatan.

Hari kedua, acara SIL dilakukan pararel di mana ASM mengikuti kegiatan di Wisma Kinasih dan orang tua mengikuti seminar di Aula SMAK Penabur GS dengan pembicara SIL yang sama yaitu Ibu Esther Kurniawati M.Th. (in Counseling) yang membawakan tema SHEMA (Ulangan 6: 6-9).

Dengan adanya kerjasama dan misi yang sama antara panitia SIL KA dan PRK yaitu memenangkan jiwa bagi Kristus, kami membuat acara SIL yang terintegrasi baik untuk ASM maupun orang tua. Dengan demikian, setiap sesi yang diterima oleh ASM di SIL terintegrasi dengan sesi yang diterima oleh orang tua. Harapan kami, orang tua memiliki tanggung jawab utama untuk membina kerohanian anak-anak mereka selanjutnya setelah mengikuti SIL, seturut dengan Firman Tuhan yang memerintahkan agar orang tua yang mendidik anak-anak mereka. Acara dikemas sedemikian rupa sehingga saat ASM peserta SIL tiba di Gading Serpong, mereka dapat berkumpul dengan orang tuanya untuk mengikuti aktivitas dan makan siang bersama. Tidak ketinggalan diadakan singing performance lagu tema SIL 2016 dan photo booth untuk masing-masing keluarga.

Kami mengucap syukur karena hampir semua orang tua peserta SIL dapat hadir di dalam seminar tersebut dan kami yakin mereka mendapat berkat dari seminar tersebut. Acara ditutup dengan foto bersama di atas panggung. Kami semua bersukacita, kami semua tersenyum dan 1, 2, 3…. klik klik klik. Selesai sudah. Acara foto mengakhiri acara SIL ASM GKI GS 2016. SIL 2016 diikuti oleh 72 ASM kelas 5 dan 6, 43 GSM Pendamping, dan satu dokter yaitu Dr. Djaya. Selain itu, acara ini dibantu juga oleh 10 mahasiswa STRII di bawah bimbingan Ibu Esther Kurniawati M.Th. (in Counseling). Bersyukur atas teman-teman mahasiswa yang membantu memimpin diskusi kelompok; beberapa ada yang memimpin sebagai pembicara sesi, juga MC, aktivitas outdoor, dan aktivitas disesi seminar orang tua.

Kepada para ASM peserta SIL 2016, selamat untuk terus bertumbuh dalam Kristus. Kalian sungguh berharga di mata Tuhan. Untuk papa mama, selamat menjadi orang tua yang dipakai Tuhan, mengulang-ulang Firman Tuhan kepada anak-anak sesuai Ulangan 6: 6-9. Untuk panitia SIL 2016 dan PRK, selamat melanjutkan pelayanan dengan misi yang sama yaitu memenangkan jiwa bagi Kristus. Kepada para orang tua sebagai partner GSM, mari mengarahkan anak-anak kita, khususnya ASM kelas 5 dan 6, untuk dapat ikut dalam retreat yang akan datang.