Ibadah dan perayaan Paskah Komisi Anak (KA) tahun ini diadakan pada Sabtu, 20 April 2019 bertempat di Aula lt.6 SMA BPK Penabur Gading Serpong. Mengambil tema I am Changed yang bertujuan :

1. ASM (Anak Sekolah Minggu) mengalami perubahan setelah berjumpa dengan Tuhan

2. ASM bertumbuh dalam iman kepada Tuhan melalui SM

3. ASM rajin ke SM, berdoa, membaca Firman Tuhan.

4. ASM mau menjadi saksi Tuhan untuk teman dan keluarga (membawa teman ke Sekolah Minggu (SM)).

Tema tersebut berhubungan dengan tema besar ibadah Paskah umum GKI GS yaitu Perjumpaan Yang Mengubahkan (Lukas 24 : 13-35). Ibadah dan perayaan Paskah KA dibagi menjadi dua sesi yaitu, sesi 1 bagi ASM Batita sampai kelas 1 SD dan sesi 2 bagi ASM kelas 2 hingga 6 SD.

SESI 1

Sesi 1 dimulai pk. 08.30-10.00, dilayani oleh 82 GSM (Guru Sekolah Minggu). GSM yang bertugas di bagian pendaftaran menyambut dengan sukacita ASM yang tiba, menempelkan stiker lingkaran berwarna di dada kiri ASM untuk menandakan kelas mereka. GSM di sesi 1 ini juga menyediakan ratusan tongkat dengan gambar tangan diatasnya. Tongkat ini sebagai yel-yel yang menambah semangat ASM dalam memuji Tuhan. Dengan semangat mereka mengangkat tongkat tangannya tinggi-tinggi bila MC bertanya, “Aku berubah karena Yesus...siapa yang mau berubah?” Langsung saja 288 ASM menjawab dengan semangat sambil mengangkat tongkat tangannya tinggitinggi, “Saya, saya, saya....”

Bangku kecil ditempatkan di baris paling depan untuk para ASM kelas Kelompok Bermain (KB). Untuk ASM batita, panitia mempersilakan salah satu orang tuanya untuk mendampinginya. Orang tua ASM yang menunggu selama ibadah Paskah berlangsung juga tetap bisa memantau anaknya di balik net di barisan paling belakang dan juga mengikuti jalannya ibadah dan menikmati persembahan gerak dan lagu para ASM.

Terharu melihat ASM dari kelas Imoet sebagai kelas terkecil (Batita) mempersembahkan gerak dan lagu “I will Fight This Fight.” Secara fisik mereka memang kecil dan imut, untuk naik ke panggung mereka masih harus dituntun para GSMnya, tapi semangatnya memuji Tuhan sungguh luar biasa. Dilanjutkan dengan penampilan ASM TK A dan TK B dengan baju oranye mempersembahkan gerak dan lagu “I’m Really Happy.” Yang terakhir adalah penampilan gerak dan lagu dari ASM kelas 1. Berseragam kuning mereka dengan sukacita bernyanyi dengan gerakan dari lagu Jana Alayra -“Totally Transformed.” Sukacita Paskah dirasakan oleh semua orang yang ada di ruang ibadah itu.

SESI 2

Sesi 2 dimulai pukul 11.00-12.30, dihadiri 325 ASM dengan 59 GSM. Di awal ibadah ASM kelas 2-3 (Kelas Tengah) dengan seragam putih dan bawahan jeans mempersembahkan penampilan gerak dan lagu dari Jana Alayra - “Totally Transformed.” Lagu dan gerak mereka sama dengan penampilan adik-adik mereka di kelas 1. Tak kalah menariknya penampilan Paduan Suara Anak (PSA) Sanctus, membawakan lagu dari daerah Batak berjudul “Beta Marsingkola Minggu”, artinya “Mari Bersekolah Minggu.” Kali ini PSA Sanctus membawa tas punggung biru GKI GS sambil bernyanyi.

Sekitar 25 ASM dari kelas 4-6 (Kelas Besar) bergabung di Flash Mob mempersembahkan gerakan dari lagu “I’m Changed”. Ada tiga baris ASM saling menyusul memasuki panggung dengan kaos berkerah warna-warni. Lirik lagu ini mengingatkan bahwa hidupnya berubah setelah Yesus mati untuknya. Salah satu gerakannya adalah ASM merentangkan tangannya seperti salib dengan kepala terkulai yang mengingatkan akan pengorbanan Yesus menebus dosa manusia. Penampilan terakhir berupa modern dance. Ada 9 ASM yang bergabung setelah melalui proses audisi. Dengan latihan tanpa kenal lelah di bawah bimbingan Kak Haydee para ASM ini membuat acara Paskah semarak. Yesus mati dan bangkit memberi harapan dan kesukaan buat seluruh umat manusia, begitu kira-kira arti lagu Happy Day dari Tim Hughes yang mengiringi modern dance ini.

Pembicara Paskah

KA Ibu Yvone dari GKI Agape Kelapa Gading membawakan Firman Tuhan di sesi 1 dan 2, ditemani suaminya (Bapak Anthony) dan puppet lucu bernama Uno. Ibu Yvone dengan suara khasnya berperan sebagai Uno, boneka puppet, yang berbicara kepada papa Uno (Bpk. Anthony).

Firman Tuhan diawali dengan penampilan Ibu Yvone dan Uno yang menyapa ramah para ASM. Sewaktu ASM melihat Uno, ASM semakin tertarik mendengarkan Firman Tuhan. Sewaktu ASM semakin siap menyimak Firman Tuhan, Uno dikembalikan ke dalam tas yang menjadi tempat penyimpanannya. Sekarang Ibu Yvone sendiri yang berperan sebagai Uno. Uno meminta uang tabungan yang disimpan papanya untuk disimpan sendiri dalam celengan babi. Awalnya sang papa keberatan, namun akhirnya setuju setelah Uno merayunya. Sewaktu Uno memegang uang tabungan yang berjumlah beberapa ratus ribu itu, ia tergoda untuk memperlihatkan kepada temannya. Tidak disangka oleh ASM bahwa ternyata Uno memakai uang itu untuk membelikan temannya HP dan mentraktirnya. Namun sewaktu Uno ingin membayar traktirannya, ternyata uang itu hilang. Uno tidak bisa membayar pedagang jajanan itu. Ia meminta temannya membantu mencari uang yang mungkin terjatuh di jalan atau sekitar kantin. Namun, temannya malah meninggalkan Uno.

Uno kelabakan dan takut pulang. Ia takut sekali papanya marah. Ia menangis di tepi jalan. Dan seorang ibu yang masih tetangganya menemukannya. Uno menceritakan hilangnya uang tabungan itu. Ibu itu memberikan jalan keluar untuk Uno mengganti uangnya dengan cara bekerja di peternakan babi miliknya. Uno setuju. Namun, sewaktu di peternakan babi itu ia tidak menyangka bahwa kandang babi itu bau dan kotor. Dan ia harus membersihkan babi beserta kandangnya. Setelah selesai ia harus memberi babi-babi itu makan. Sedangkan perutnya lapar juga. Babi-babi itu dengan lahapnya makan membuat Uno juga ingin makan. Ia akhirnya menemukan sebuah wortel kecil yang masih lumayan bagus untuk ia makan. Ia bersihkan wortel itu dan sambil menutup hidungnya ia mau makan. Tapi hal itu ketahuan oleh ibu pemilik babi yang berteriak tidak boleh. Wortel terjatuh dan dimakan babi. Uno terduduk dan berpikir bahwa di rumahnya makanan begitu enak dan banyak. Ia mau pulang saja dan mengaku bersalah kepada papanya. Ia bersedia dianggap pembantu daripada anak papanya. Namun, yang terjadi setelah Uno tiba di rumah ia malah dipeluk oleh papanya. Papanya tidak peduli dengan bau babi yang menempel di tubuh dan pakaian Uno. Malah papanya minta diadakan pesta untuk Uno karena Uno sudah kembali dengan selamat. Uno sampai tidak percaya hal itu. Dan semenjak itu sikap Uno berubah. Uno bertobat!

Cerita Firman Tuhan tadi mengingatkan ASM pada cerita Anak Bungsu Yang Hilang. Demikianlah kasih Allah pada ASM seperti kasih ayah yang kehilangan anaknya namun menerima kembali seperti di tema Paskah KA “I am Changed.” Bahwa pertemuan ASM dengan Allah mengubah hidup dan sikap ASM menjadi lebih serupa dengan Tuhan Yesus yang sudah mati menebus dosa-dosanya.

Ibadah Sekolah Minggu dan Games

Pagi itu semua GSM sibuk mempersiapkan ibadah dan perlengkapan games. ASM kelas Imoet sampai dengan kelas 3 SD menempati kelas-kelas di Gedung SMA. Sedangkan ASM kelas 4-6 SD menempati lapangan basket SMP. Di semua kelas SM diawali dengan Pujian dan Firman Tuhan yang mengarahkan dan mengingatkan ASM pada makna Paskah. Setelah itu games dilaksanakan. ASM yang menempati kelas di Gedung SMA tetap bermain dalam kelas masing-masing. Namun, untuk ASM kelas 4-6 SD permainan sudah disiapkan dalam bentuk pos-pos. Ada empat pos yang ditempatkan di kantin, gedung baru Sekolah Penabur, dan di lapangan basket. Semua permainan yang kelompok lakukan di setiap pos memiliki arti dalam berbagai peristiwa Paskah.

Di akhir games, GSM memberitahukan para pemenang. Semua ASM adalah sebagai pemenang, masing-masing mendapat hadiah dan konsumsi berupa bakpau. Sukacita terlihat di semua ASM dan juga GSM. Kegiatan Kebaktian SM dan games di atas dilakukan dalam dua sesi ibadah seperti jadwal ibadah rutin di SM.

Terima kasih pada rekan-rekan GSM yang sudah saling membantu dan melayani mempersiapkan Paskah KA, juga kepada pada orang tua sebagai partner KA mendidik dan mengenalkan Kristus pada anak-anak kita. Biarlah setahap demi setahap ASM semakin mengenal Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat dan seperti tema Paskah tahun ini I am Changed. Segala kemuliaan bagi Yesus Kristus. Amin.