Judul Buku : Sacred Parenting

Pengarang : Gary Thomas

Penerbit : Katalis Media

Cetakan : Desember 2013

Tebal : 322 halaman

Sangatlah wajar jika kita sering merasa frustasi, tidak mampu dalam mendidik anak-anak yang Tuhan percayakan kepada kita. Tidak ada sekolah untuk menjadi orang tua. Kita belajar, merekam apa yang orang tua kita kerjakan dalam mendidik kita, dan seringkali kita tidak suka metode mereka. Jadi metode apa yang bisa kita gunakan? Mungkin kita mencari buku-buku untuk mendidik anak dan mencoba metode-metode yang bisa diterapkan untuk mendisiplin anakanak kita sehingga bisa bertumbuh dan bertingkah laku yang baik.

Namun, seringkali dengan membaca banyak buku tentang pengasuhan, kita bisa bertambah frustasi dan kecewa karena jurus-jurus yang dipelajari terlalu susah untuk diterapkan. Gary Thomas dalam bukunya Sacred Parenting memberikan sebuah perspektif yang berbeda mengenai menjadi orang tua dan masalah pengasuhan. Dalam bukunya ini, ia mengajak para orang tua untuk memahami ‘why’ nya terlebih dahulu daripada “How to”. Apa sebenarnya yang Tuhan rancang dalam kita menjadi orang tua?

Apa yang Tuhan ingin kerjakan dalam memberi kepercayaan kepada kita untuk mejadi orangtua? Ia mengajak melihat pengasuhan atau menjadi orangtua sebagai sebuah proses yang kudus, sebuah kegiatan yang sakral. Bukan hanya melayani di gereja atau hidup yang mengasingkan diri yang suci, tetapi menjadi orangtua, mengasuh anak itu adalah proses yang sakral, yang perlu dijalani dengan penghayatan. Dalam buku ini, anda akan diajak melihat proses menjadi orangtua dengan perspektif yang berbeda dengan buku-buku pengasuhan yang lain. Anda akan dipandu untuk memahami dan menerima proses menjadi orangtua dan mengasuh anak, untuk membentuk diri anda semakin masuk dalam rencana Tuhan terhadap hidup anda. Menyucikan hati anda sebagai murid Kristus, yang masih penuh dengan dosa, sifat-sifat yang tidak berkenan kepada Tuhan dan membutuhkan proses diasah supaya semakin murni dan suci. Proses transformasi yang bisa terjadi melalui menjadi orang tua.

Menarik bukan? Gary Thomas akan memandu anda menyikapi kepedihan yang mungkin dialami dalam mengasuh anak, mengatasi rasa bersalah yang terus menerus menimpa kita karena anak kita tidak juga kunjung menjadi sempurna. Buku ini akan mengajak kita menikmati pengasuhan dengan sukacita, dengan kasih yang menyalanyala. Dan bila anda memiliki anak yang sangat sulit, cobalah membaca buku ini, mungkin Tuhan akan membuka pikiran anda melalui buku ini.

Komisi Dewasa Pasutri GKI Gading Serpong juga secara sengaja memilih buku ini, untuk memandu kelas Parenting untuk pasangan-pasangan yang ingin mendapat masukan bagaimana mengasuh anak dengan benar. Kelas Parenting akan diadakan secara berkala untuk bisa menolong para orang tua mendapat kelompok dan teman-teman yang bisa mendukung mereka, serta mendapatkan arahan melalui buku ini, bagaimana menjalani peran mereka sebagai orang tua dengan benar. Jadi… jika Anda belum bergabung dengan kelas Parenting, tetapi rindu untuk bisa menjadi orang tua yang lebih baik lagi, anda bisa memulainya dengan membaca buku ini terlebih dahulu. Bila ingin membeli buku ini, bisa hubungi Komisi Dewasa Pasutri, atau pinjam di Perpustakaan GKI Gading Serpong. Selamat membaca!