KEBAKTIAN NATAL ANAK (KELAS 2 - KELAS 6)

Apakah kamu siap menyambut Natal tahun ini?. “Pasien Covid masih terus bertambah terus Natal kita bagaimana dong, Tan?” tanya Kak Ivan pada Tante Esther. “Natal kita juga online dong. Pastinya tetap seru!” sahut Tante Esther.

Lagu Joy To The World mengiringi pembukaan Perayaan Natal Anak kali ini, Minggu, 20 Desember 2020, yang dilakukan secara online. Dengan iringan musik oleh Kak Arya dan Kak Dinda, Tante Esther dan Kak Ivan mengajak anak-anak untuk menyambut kelahiran Tuhan Yesus dengan sukacita.

Seorang anak dari Sekolah Minggu membuka Perayaan Natal dalam doa. “Our world is covered by darkness. Many things happen in our lives today. But the Lord rises upon us. God shows His love throught Jesus Christ.”, itulah penggalan lagu tema kita “God Shines Upon Us” (Tuhan yang menerangi kita), turut membuka keceriaan Natal Anak tahun ini. Dilanjutkan dengan persembahan virtual choir “Shine Jesus Shine” dari anak-anak kelas 4 - 6. Kemudian, pujian Gloria In Excelsis Deo mengiringi persembahan kali ini. Anak-anak diajak berefleksi bagaimana mereka menghadapi Natal, ketika situasi mengharuskan untuk merayakannya dari rumah saja. Mereka bersedih dan berharap pandemi ini segera berakhir.

Firman Tuhan dibawakan oleh Pdt. Dr. Andreas Loanka, S.Th, M.Th. dengan tema “Pengharapan Sejati di Tengah Kegelapan”. “Apakah adik-adik pernah mengalami masa yang gelap?”, tanya Pdt. Andreas mengawali khotbahnya. “Tetapi tau gak adik-adik, ada yang lebih menakutkan, yaitu kegelapan rohani karena dosa, kita ada dalam kegelapan dosa!”

“Kita mohon Tuhan terangi kita dengan terang-Nya yang ajaib”. “Adik-adik sudah terima Tuhan Yesus?”, tanya Pdt. Andreas. “Tuhan Yesus adalah Terang Dunia. Dia sudah datang pada Natal yang pertama untuk memberi terang.”

“Adik-adik mau memiliki terang? Terimalah Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamatmu. Biarlah Tuhan Yesus yang adalah Terang itu memenuhi hatimu, memenuhi pikiranmu, memenuhi hidupmu, dan biarlah Terang Kristus memancar melalui hidupmu, melalui perkataan, perbuatan! Selamat Natal! Tuhan memberkati!” tutupnya.

Drama Natal pun disuguhkan. Drama ini merupakan bagian terakhir dari drama serial Natal. Anak-anak kembali diajak berefleksi tentang bagaimana mereka percaya Kristus di masa pandemi ini, seperti apa bentuk penyertaan Tuhan Yesus bagi mereka, apa harapan mereka di Natal tahun ini.

Di akhir acara, ada persembahan gerak dan lagu dari anak-anak kelas 2 dan 3 dengan lagu Joy To The World.

“Dari penampilan adik-adik semua menunjukkan, bahwa adik-adik sudah memberikan hadiah yang indah untuk Tuhan Yesus... Semoga melalui Ibadah Natal kali ini, adik-adik terus ingat ya, bahwa di dalam Natal ada harapan, ada sukacita, karena Allah adalah Juruselamat kita yang siap menolong dan menerangi jalan hidup kita. Our life is covered by darkness, don’t worry because God Shines Upon Us!, itulah yel-yel Natal Anak tahun ini yang diperagakan oleh Tante Esther dan Kak Ivan. Dilanjutkan dengan persembahan gerak dan lagu tema “God Shines Upon Us” oleh GSM. Hingga akhirnya Kak Ivan menutup dalam doa. “Merry Christmas! God Shines Upon Us!”, Salam hangat dari Anak-Anak Sekolah Minggu

KEBAKTIAN NATAL ANAK (BATITA - KELAS 1)

“Halo teman-teman dan adik-adik!” sapa Kak Devina, Tante Santhy, Chelsea, dan Sasa dengan begitu gembira. “Ada yang tau ga sih sebenarnya kita mau ngapain?” Ternyata mau merayakan Natal Anak. Yeay! Lalu, apa sih Natal itu? “Natal itu hari kelahiran Tuhan Yesus” jelas Tante Santhy.

Demikian lagu yang membuka Perayaan Natal Anak kali ini. Kemudian, dilanjutkan doa pembuka oleh Ibu Philia Loanka.

“Tahun 2020 menjadi tahun yang berbeda, orang tua yang harus bekerja dari rumah, sekolah, dan Sekolah Minggu menjadi online, tidak bisa ketemu teman-teman, tidak bisa jalan-jalan, dan masih banyak lagi. Kita semua pasti sedih, bosan, tapi adik-adik jangan terus-terusan bersedih ya!”, berikut Kak Devina dan Tante Santhy memberi penjelasan kepada kita semua. “God Shines Upon Us”, yang berarti Tuhan yang menerangi kita. Lagu ini merupakan lagu tema yang digunakan dalam Perayaan Natal Anak di tahun 2020. Lewat lagu ini, anak- anak diingatkan untuk tidak terus bersedih, karena Tuhan selalu bersama kita.

Gerak dan lagu dari anak-anak Kelas Imoet turut mewarnai Perayaan Natal Anak. Di mana keceriaan terpancar dari wajah setiap anak. Sebelum mendengar Firman Tuhan, ada persembahan panggung boneka. Anak-anak diajak merenungi makna Hai mari berhimpun dan bersukaria Hai mari semua ke Betlehem Lihat yang lahir Raja Bala Surga Sembah dan puji Dia Sembah dan puji Dia Sembah dan puji Dia, Tuhan-Mu Natal sesungguhnya. “Meskipun di masa pandemi, kita masih bisa merayakan Natal, kok. Kita dapat memberikan apa yang kita miliki untuk kemuliaan-Nya. Ya, kita dapat menjadi terang untuk kemuliaan-Nya!”

Acara Natal dilanjutkan Firman Tuhan yang dibawakan oleh Pdt. Santoni, M.Th. Sasa yang mengajak kita ke rumah Pdt. Santoni. “Nah, adik-adik sekalian... kita ingat gak, biasa kalau hari Natal, ada pohon Natal, ada lampunya, ada lilin di waktu Malam Natal?”, demikian Pdt. Santoni membuka khotbahnya. “Adik-adik, Tuhan datang melalui Yesus Kristus. Dia mau membantu orang-orang susah, Yesus mengusir kegelapan, Yesus datang menjadi terang”, lanjutnya. “Adik-adik, di hari Natal ini, yang sabar, ya…karena nanti Tuhan akan datang menolong kita!” Di akhir khotbahnya, dia berpesan, “Jadi kita harus percaya kalau Tuhan akan menolong kita. Nah, itu hadiah Natal ya!. Natal, Yesus datang sebagai Terang dan mengusir kegelapan, mengusir segala sakit penyakit !”. Keceriaan Natal dilanjutkan persembahan gerak dan lagu Go Tell It On the Mountain, yang kini dibawakan oleh anak-anak dari TK B - Kelas 1. Diakhiri persembahan gerak dan pujian “God Shines Upon Us” oleh GSM, dan ditutup bungkus oleh Ibu Reni dalam doa.

Selamat Natal dan Tahun Baru!